NGOBAR ASSALAM

Ngobar Assalam, ikuti dan kunjungi Ngobar Assalam di Masjid Assalam Minomartani setiap hari Minggu Pagi sehabis sholat jama'ah Subuh.

Kamis, 24 Oktober 2013

MULAILAH DENGAN BISMILLAHIROHMANIRROHIIM

Mulailah segala aktifitas kita dengan mengucapkan basmalah, yakni bi ism Allah Al-Rahman Al-Rahim.


Dengan mengucapkan ucapan ini kita bukan sekedar mengharapkan berkah”, tetapi juga menghayati maknanya sehingga dapat melahirkan sikap dan karya yang positif.
 Kata  bi  yang diterjemahkan dengan”,
oleh para ulama dikaitkan dengan kata memulai”, sehingga pengucap basmalah pada hakikatnya berkata : dengan (atau demi) Allah saya memulai (pekerjaan ini).” apabila anda menjadikan pekerjaan anda atas namadan “demi” Allah,
maka pekerjaan tersebut tidak akan mengakibatkan kerugian pihak lain. Karena ketika itu anda telah membentengi diri dan pekerjaan anda dari godaan nafsu serta ambisi pribadi.
Kata bi juga dikaitkan dengan kekuasaan dan pertolongan”, sehingga si pengucap menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukan terlaksana atas kodrat (kekuasaan) Allah.
Ia memohon bantuannya agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna
Kata bi juga dikaitkan dengan kekuasaan dan pertolongan”, sehingga si pengucap menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukan terlaksana atas kodrat (kekuasaan) Allah.
Ia memohon bantuannya agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik dan sempurna
Allah, yang dimohon bantuan-Nya itu, memiliki sifat yang maha sempurna.
Ada 2 sifat kesempurnaan yang ditekankan, yaitu  :
Al-Rahman dan Al-Rahim
Al-Rahman  : adalah curahan rahmat-Nya secara actual yang diberikan di dunia ini kepada alam raya, manusia (mukmin maupun kafir). Sedangkan
Al-Rahim  : adalah curahan rahmat-Nya kepada mereka yang beriman yang akan diberikan kelak di akhirat.

Kedua sifat tersebut-yang ditanamkan dan yang diusahakan untuk memenuhi jiwa setiap pengucap basmalah agar seluruh sikap dan perbuatannya di warnai oleh curahan rahmat dan kasih sayang-bukan hanya ditanamkan pada sesama mukmin atau sesama manusia, tetapi juga pada binatang, dan tumbuh-tumbuhan, bahkan juga pada makhluk-makhluk yang tak bernyawa sekalipun.

Ucapkanlah basmalah pada saat anda mulai menulis niscaya tulisan apa yang anda tulis akan menjadi indah dan benar.
Kasih sayang akan tercurah pada pena dan kertas, sehingga anda tidak menyia-nyiakannya.
Ucapkanlah basmalah pada saat anda memakai pakaian, berjalan, menyembelih binatang, bekerja, berbaring, dan sebagainya, agar kasih sayang tercurah kepada anda dan anda pun mampu mencurahkannya kepada yang lain.
َإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". 

kesadaran yang dalam bagi asal usul penciptaan manusia. Yaitu tentang tujuan Allah menciptakan manusia untuk dijadikan "khalifah" dimuka bumi ini.
Suatu penghormatan tertinggi atas manusia yang diberi kelebihan kedudukan diatas malaikat dan iblis.
Maka dari itu, manusia memiliki kekuasaan untuk mengatur dan memelihara kelangsungan hidupnya maupun alam sekitarnya.
Hal inilah yang dikatakan oleh Nabi, bahwa barang siapa yang tidak membaca "bismillahirrahmanirrahim" dalam setiap pekerjaannya sesungguhnya mereka telah terputus.
Artinya manusia telah mengkhianati akan tugas yang diberikan
kepadanya, bahwa setiap kebaikan yang dilakukan seharusnya mengatasnamakan Allah  Yang Maha Pengasih dan Penyayang, bukan mengatasnamakan dirinya atau keluarganya
Maha benar dan maha Indah petunjuk Allah serta Rasul-Nya.
Sumber
Lentera Hati  , Prof  M. Quraish Shihab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar