NGOBAR ASSALAM

Ngobar Assalam, ikuti dan kunjungi Ngobar Assalam di Masjid Assalam Minomartani setiap hari Minggu Pagi sehabis sholat jama'ah Subuh.

Rabu, 30 November 2011

FILOSOFI MASJID TRADISIONAL JAWA


Tradisi sebagai suatu organisme Spiritual
Fungsi Tradisi sebagai suatu organisme Spiritual yang memberikan kepada manusia petunjuk dan tuntunan terus menerus  ke arah Pengetahuan Kembali yang selalu ingat kepada Sang Pencipta.
Tradisional berasal dari kata bahasa InggrisTradition” atau kata Bahasa Latin “Traditiosebagai segala sesuatu adat, kepercayaan, kebiasaan, ajaran dan sebagainya yang turun menurun.

TRADISI=TRANSEDEN
Kata sifatTradisiadalah merupakan  penyerahan atau Delivery, Handing Down.  Sebagai wujud yang di Hand Down  adalahWisdom”. Namun demikian  yang di Wisdom Devine in Origin  bersifat Universal dan Kudus. Sebagai finalnya yang di turunkan adalah Prinsip Yang Tertinggi, yaitu sebagai Supreme Principle atau Sang Pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa.
Fungsi ‘tradisi’, karena akan diperoleh inti kajian yang sebenarnya sebagai organisme spiritual yang memberikan kepada manusia petunjuk dan tuntunan terus-menerus ke arah pengetahuan kembali, yaitu mengajak insan untuk selalu ingat kepada Tuhan Sang Pencipta.

Supreme Principle”
Apabila identitas budaya di daerah di tanah air mengacu pada tradisi, tentu saja segala tingkat hierarchinya masing-masing merupakan simbol dari prinsip universil dan sebagai finalnya Prinsip Yang TertinggiSupreme Principle” yang disebut Tuhan Yang Maha Esa.
Padahal fungsi simbol sebagai titik-tolak untuk mengetahui Prinsip Universal. Doktrin tradisi inilah yang di-transmit di-hand down atau diturunkan dalam makna yang terkandung pada budaya lokal daerah yang berfungsi sebagai identitas atau ciri tradisi. yang perlu dilestarikan. sebagai organisme spiritual yang memberikan kepada manusia petunjuk dan tuntunan terus-menerus ke arah pengetahuan kembali, yaitu mengajak insan untuk selalu ingat kepada Tuhan Sang Pencipta






Tidak ada komentar:

Posting Komentar