NGOBAR ASSALAM

Ngobar Assalam, ikuti dan kunjungi Ngobar Assalam di Masjid Assalam Minomartani setiap hari Minggu Pagi sehabis sholat jama'ah Subuh.

Selasa, 14 Agustus 2018

PONDAMEN IMAN KEPADA ALLAH SWT

By:
Sidik Tono
Iman kepada Allah SWT mengandung 4 unsur :

1. Mengimani wujud Allah SWT.
Wujud Allah SWT telah dibuktikan oleh :

Fitrah
Rasulullah Saw bersabda “Semua bayi yang dilahirkan dalam keadaaan fitrah. Ibu Bapaknyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Al Bukhari)

Akal
Allah SWT menyebutkan dalil aqli (akal) dan dalil qath’i dalam Surat Ath Thuur:35-37 “Apakah mereka diciptakan tanpa sesuatupun ataukah mereka yang menciptakan (diri mereka sendiri) ? Ataukah mereka telah menciptkan langit dan bumi itu ? Sebenarnya mereka tidak meyakini (apa yang mereka katakan). Ataukah di sisi mereka ada perbendaraan Rabbmu atau merekakah yang berkuasa ?”

“ Ia, yang tatkala masih musyrik berkata, hatiku hampir saja terbang. Itulah permulaan menetapnya keimanan dalam hatiku” (HR. AI Bukhari)
Syara’
Indera

a) Allah SWT berfirman “Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa dan Kami memperkenankan doanya, lalu Kami selamatkan dia beserta keluarganya dari bencana yang besar.” (Al Anbiyaa:76)
“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Rabbmu, lalu diperkenankanNya bagimu: Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu Malaikat yang datang berturut-turut.” ( Al Anfaal:9)

b) Allah SWT berfirman “lalu Kami wahyukan kepada Musa, “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu” maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.” (Asy Syu’araa:63)

Allah SWT berfirman “...dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah SWT...” (Al Imran:49)

Pada bagian lain Allah SWT berfirman “...dan (ingatlah) ketikan kamu mengeluarkan orang mati dari kuburnya (menjadi hidup) dengan izin-Ku...” (Al Maidah:110)

Mukjizat Nabi Muhammad Saw ketika kaum Quraisy meminta tanda atau mukjizat. Beliau mengisyaratkan pada bulan, lalu terbelahlah bulan itu menjadi dua, dan orang-orang dapat menyaksikannya. Allah SWT berfirman tentang hal ini “Telah dekat (datangnya) saat (Kiamat) dan telah terbelah pula bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrik) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata “(Ini adalah) sihir yang terus-menerus”. (Al Qomar:1-2)

2. Mengimani Rubbubiyah Allah SWT
Allah SWT telah berfirman “Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanya hak Allah SWT. Maha suci Allah, Rabb semesta alam.” (AL A’raaf:54)

“Yang (berbuat) demikian itulah Allah Rabbmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kuliat ari.” (Faathir:13)

3. Mengimani Uluhiyah Allah SWT
Allah SWT berfirman, “ Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan melainkan Dia. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (AL Baqarah:163)

4. Mengimani Asma dan Sifat Allah SWT
Allah SWT berfirman, “Allah mempunyai Asmaaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran (menyebut) nama-nama Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (Al A’raaf:180)

“...Allah mempunyai sifat yang Maha Tinggi, dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An Nahl:60)

“Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Asy Syuura:11)

Buah Iman kepada Allah SWT :
1. Merealisasikan pengesaan Allah SWT sehingga tidak menggantungkan harapan kepada selain Allah SWT, tidak takut kepada yang lain, dan tidak menyembah kepada selain-Nya.
2. Menyempurnakan kecintaan kepada Allah SWT, seerta mengagungkan-Nya sesuai dengan nama-nama-Nya yang indah dan sifat-sifat-Nya yang Maha Tinggi.
3. Merealisasikan Ibadah kepada Allah SWT dengan mengerjakan apa yang diperintah serta menjauhi apa yang dilarang-Nya.

Terimakasih.
Matur Nuwun.

NGOBAR ASSALAM, Ahad, 31 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar