NGOBAR ASSALAM

Ngobar Assalam, ikuti dan kunjungi Ngobar Assalam di Masjid Assalam Minomartani setiap hari Minggu Pagi sehabis sholat jama'ah Subuh.

Senin, 30 Juni 2014

Berbuka Sebelum Adzan, Mengacu Bunyi Sirine

Berbuka Sebelum Adzan, Mengacu Bunyi Sirine

Tanya:
Apa Hukum berbuka sebelum adzan, krn sdh mendengar Bunyi sirine. Potong s

Jawab
Bismillah adalah shalatu itu salamu 'ala rasulillah, amma ba'du,
Allah menjelaskan puasa Batasan Yang harus dilakukan Hamba-Nya adalah Wire color Kawat warna masuknya malam saja,
وكلوا واشربوا حتى يتبين لكم الخيط الأبيض من الخيط الأسود من الفجر ثم أتموا الصيام إلى الليل
Makan minumlah hingga Terang Bagimu Benang putih bahasa Dari Benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa ITU Wire color Kawat warna (Datang) malam (QS. Al-Baqarah: 187).

Datangnya waktu malam saja, ditandai Artikel Baru terbenamnya Matahari bulatan di ufuk barat.
Bahasa Dari Umar bin Khatab radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,
إذا أقبل الليل من ها هنا, وأدبر النهار من ها هنا, وغربت الشمس فقد أفطر الصائم
Apabila malam saja telah Datang Bahasa Dari arah Sini Dan Siang telah menghilang di arah sana, Serta Matahari telah tenggelam, berarti orangutan Yang puasa telah Boleh berbuka. (HR. Bukhari 1954).

Syaikhul Islam menjelaskan acuan tembenamnya Matahari,
إذا غاب جميع القرص أفطر الصائم, ولا عبرة بالحمرة الشديدة الباقية في الأفق, وإذا غاب جميع القرص ظهر السواد من المشرق, كما قال النبي - صلى الله عليه وسلم -: "إذا أقبل الليل من ها هنا, وأدبر النهار من ها هنا, وغربت الشمس ; فقد أفطر الصائم "
Apabila * Semua bulatan Matahari telah tenggelam, orangutan Yang Boleh berbuka puasa. Dan Warna merah menyala di ufuk Yang barat Yang Masih tersisa, regular tidak dihitung. Jika * Semua Bagian tidak Lingkaran Matahari telah tenggelam, Maka Muncul Gelap di ufuk Jakarta timur. Sebagaimana disabdakan Nabi shallallahu Yang 'alaihi wa sallam. Apabila malam saja telah Datang Bahasa Dari arah Sini Dan Siang telah menghilang di arah sana, Serta Matahari telah tenggelam, berarti orangutan Yang puasa telah Boleh berbuka. ( Majmu 'Fatawa , 25/215).

Di TEMPAT kitd, 'masyarakat umumnya regular tidak Bisa menyaksikan inisial. Bangunan KARENA tertutupi Artikel Baru. Dan beberapa Lembaga rukyah Dan hisab, telah memantau Perjalanan Matahari Bahasa Dari waktu Ke waktu, sehingga jadilah jadwal shalat.
Jika kitd Yakin bahwa jadwal inisial telah Sesuai Artikel Baru realita di Lapangan, Maka jadwal Suami Bisa kitd jadikan acuan untuk menentukan Kapan waktu maghrib.
Oleh KARENA ITU, jika sirine dibunyikan Yang sebagian radio mengacu PADA jadwal Suami, insyaaAllah Bisa dipertanggung jawabkan. Demikian pula adzan. Ketika ADA orangutan adzan, Dan adzannya tepat waktu, Maka Bisa dijadikan acuran untuk menentukan Kapan waktu berbuka. Lain halnya ketika adzannya sengaja ditunda atau selai masjid terlalu CEPAT sehingga ADA Yang adzan sebelum waktu. Untuk kondisi semacam inisial, adzan regular tidak Lagi Bisa dijadikan acuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar